HUBUNGAN PERSEPSI GAMBAR PERINGATAN BAHAYA EFEK MEROKOK PADA KEMASAN BUNGKUS ROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMP "X" KOTA BATU
Main Author: | UMAR, ADE ISNAENI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/41881/1/jiptummpp-gdl-adeisnaeni-47545-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/41881/2/jiptummpp-gdl-adeisnaeni-47545-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/41881/3/jiptummpp-gdl-adeisnaeni-47545-3-bab2.pdf http://eprints.umm.ac.id/41881/4/jiptummpp-gdl-adeisnaeni-47545-4-bab3.pdf http://eprints.umm.ac.id/41881/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Perilaku merokok merupakan sesuatu yang fenomenal. Jumlah perokok selalu bertambah meskipun diketahui dampak negatif bagi kesehatan. Pada remaja saat ini, merokok bukan suatu pemandangan yang asing. Mencantumkan peringatan bahaya merokok pada setiap bungkus rokok dianggap perlu untuk memberi kesempatan pada calon pembeli agar bijaksana membeli barang yang berbahaya. Mengatasi hal tersebut, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2013. Penelitian ini bertujuan menganalisa hubungan persepsi gambar efek merokok pada kemasan bungkus rokok dengan perilaku merokok remaja di SMP "X" Kota Batu. Metode: Desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian sebanyak 256 siswa dengan usia12-15tahun. Metode penelitian menggunakan purposive sampling. Sebanyak 53siswa memenuhi kriteria inklusi. Analisisa data menggunakan ujichi-square. Penelitian dilakukan pada tanggal 24 Oktober-02 November 2016 di SMP "X" Kota Batu. Hasil: Didapatkan persepsi positif sebanyak 203 responden (79,3%),dengan tingkat perilaku merokok ringan sebanyak 189 responden (73,8%), sedang sebanyak 9 responden, (3,5%), kuat sebanyak 3 responden, (1,2%), dan sangat kuat sebanyak 2 responden (8,0%).Persepsi negatif sebanyak 53 responden(20,7%), dengan kategori perilaku merokok ringan sebanyak 6 responden (2,3%), sedang sebanyak 20 responden(7,8%), kuat sebanyak 22 responden, (8,6%), dan sangat kuat sebanyak 5 responden (2,0%). Hasil analisis antara persepsi dengan perilaku sebesar 0,618<0,5maka dengan demikian dapat diartikan dengan H0 ditolak danH1 diterima.Adapengaruh persepsi gambar peringatan bahaya efek merokok pada kemasan bungkus rokok dengan perilaku merokok. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi gambar peringatan bahaya efek merokok pada kemasan bungkus rokok dengan perilaku merokok.