ANALISIS HUBUNGANSELF EFFICACY DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Main Author: PUSPITASARI, MERRY AMALIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/41768/1/jiptummpp-gdl-merryamali-47052-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/41768/2/jiptummpp-gdl-merryamali-47052-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/41768/3/jiptummpp-gdl-merryamali-47052-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/41768/4/jiptummpp-gdl-merryamali-47052-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/41768/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang Perguruan tinggi dituntut sebagai institusi pendidikan tertinggi dituntut untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas.Berhasil tidaknya mahasiswa diperguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh self efficacy, kecerdasan emosi serta motivasi belajar yang tinggi pula agar mahasiswa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dan kecerdasan emosi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode Jenis penelitian ini adalah cross sectional, dengan variable independen adalah self efficacy dan kecerdanan emosi, sedangkan variable dependen adalah motivasi belajar. Teknik sampling menggunakan stratified random sampling, dengan populasi 560 mahasiswa PSIK angkatan 2013-2016. Instrument yang digunakan adalah kuisioner.Analisa data menggunakan regresilogistik ordinal. Hasil Ujianalisa data antara hubungan self efficacy dan kecerdasan emosi terhadap motivasi belajar mahasiswa, didapatkan nilai estimate pada self efficacy sebesar 2,217 yang menunjukkan adanya hubungan positif, dan nilai estimate pada kecerdasan emosi sebesar 4,936 yang menunjukkan adanya hubungan positif, dan nilai signifikan pada masing-masing variabel 0,000 (<0,05). Sedang kan jika dilihat dari nilai Wald menunjukkan bahwa kecerdasan emosi memiliki hubungan paling dominan terdadap motivasi belajar, dengan nilai sebesar 24,148. Diskusi Semakin tinggi self efficacy dan kecerdasan emosi seseorang maka probabilitas moivasi belajar juga akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian, ada hubungan yang signifikan antara hubungan self efficacy dan kecerdasan emosi terhadap motivasi belajar mahasiswa.Jadi, mahasiswa diharapkan tetap mempertahankan self efficacy dan kecerdasan emosi yang dimiliki serta lebih meningkatkan motivasi belajarnya.