KESAN PENONTON TENTANG EKUITAS MEREK DI FILM PENDEK (Studi Pada Anggota Kine Klub UMM Mengenai Film Pendek Axelerate)
Main Author: | Bayhaqi, Alfan Rian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40587/1/PENDAHULUAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/40587/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umm.ac.id/40587/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umm.ac.id/40587/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umm.ac.id/40587/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umm.ac.id/40587/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umm.ac.id/40587/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umm.ac.id/40587/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/40587/ |
Daftar Isi:
- Pengaruh kemajuan globalisasi menimbulkan persaingan yang semakin ketat antar perusahaan. Tuntutan ini yang kemudian mendorong perusahaan untuk selalu mempunyai kiat-kiat tertentu untuk bersaing dan meningkatkan citra perusahaan. Tidak hanya citra perusahaan yang perlu ditingkatkan melainkan juga dari sisi produk yang dihasilkan perusahaan juga harus ditingkatkan, salah satunya ekuitas merek. Dalam hal ini axe meluncurkan sebuah rangkaian film pendek untuk mendekatkan produknya kepada konsumennya dengan sebuah film yang menceritakan tiga golongan pria di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu kesan dari penonton mengenai ekuitas merek di film pendek Axelerate dan ingin mengetaahui apakah film mampu menjadi media untuk menciptakan ekuitas merek. Menurut Aaker, pada level konsumen ekuitas merek dapat tercipta melalui empat dimensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan dasar penelitian naturalis. Subjek ditentukan peneliti menggunakan purposive sampling, dimana subjek ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Terpilih delapan Anggota Kine Klub UMM sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data melalui FGD (Focus Group Disscussion) dan didukung data dari hasil wawancara untuk mencari data yang valid dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kesan penonton tentang ekuitas merek di film axelerate mampu meningkatkan tiga dimensi saja. Film Axelerate mampu meningkatkan citra positif dibenak penonton. Namun loyalitas merek yang merupakan dimensi terakhir penciptaan ekuitas merek tidak bisa tersampaikan dengan baik. Loyalitas merek hanya terjadi pada keinginan penonton untuk melihat film Axelerate bukan untuk membeli produk Axe dan menggunakan produknya untuk waktu yang lama.