Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah Polya; 2) Mengetahui perilaku pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah Polya. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas VII-A SMP ASSALAM Batu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis kemampuan dan perilaku pemecahan masalah mengacu pada langkah pemecahan masalah Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana melaksanakan rencana dan mereview kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam hal memahami baik hal ini berarti siswa dapat menuliskan informasi dari soal dengan lengkap akan tetapi untuk tahap selanjutnya kemampuan siswa masih rendah karena siswa kesulitan untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya dan perilaku pemecahan masalah yang tercermin adalah DTA tidak mahir, DTA mahir, DTA konteks terbatas dan MBA konteks penuh. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru matematika sebaiknya lebih mengenal kemampuan dan perilaku pemecahan masalah matematika siswa karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima dan mengolah informasi untuk memecahkan suatu permasalahan, serta guru disarankan untuk lebih sering memberikan soal pemecahan masalah supaya kemampuan siswa semakin meningkat dan semakin terbiasa dalam menyelesaikan masalah.