PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 9 BRONDONG LAMONGAN
Main Author: | HAQIQI, IKHLASHUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40320/1/jiptummpp-gdl-ikhlashulh-50833-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40320/2/jiptummpp-gdl-ikhlashulh-50833-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40320/3/jiptummpp-gdl-ikhlashulh-50833-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40320/4/jiptummpp-gdl-ikhlashulh-50833-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40320/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran group investigation dengan pendekatan saintifik dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA Muhammadiyah 9 Brondong Lamongan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sumber data adalah siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 9 Brondong Lamongan tahun pelajaran 2016/2017. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui taraf keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa, tes untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai pada setiap indikator untuk mengetahui taraf keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa serta kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dengan pendekatan saintifik dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP. Dalam keterlaksanaan pembelajaran, secara keseluruhan aktivitas guru tergolong sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa tergolong baik. Secara klasikal rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika tergolong tinggi. Pada tahap memahami masalah tergolong sangat tinggi dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah. Sedangkan pada tahap menyusun rencana tergolong tinggi dalam merumuskan strategi penyelesain. Pada tahap selanjutnya yaitu melaksanakan rencana juga tergolong tinggi dalam menuliskan jawaban sesuai dengan strategi yang dirumuskan. Untuk tahap yang terakhir yaitu melihat kembali pun tergolong tinggi dalam memastikan jawaban dengan pertanyaan dan menyimpulkan jawaban.