PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATION TRIO EXCHANGE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: NURKOMALASARI, NURKOMALASARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/40307/1/jiptummpp-gdl-nurkomalas-50838-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40307/2/jiptummpp-gdl-nurkomalas-50838-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40307/3/jiptummpp-gdl-nurkomalas-50838-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40307/4/jiptummpp-gdl-nurkomalas-50838-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40307/
Daftar Isi:
  • Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang penting untuk dipelajari oleh siswa agar bisa menguasai segala ilmu pengetahuan sehingga mereka mampu membawa perubahan yang sangat berarti bagi kemajuan dan keberlangsungan hidup rakyat Indonesia serta mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Untuk mencapai hal tesebut, sangat berkaitan erat dengan kemampuan guru memilih pendekatan dan model pembelajaran. Para peserta didik akan lebih memahami suatu materi bila mereka difasilitasi dengan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajan yang mengoptimalkan siswa dalam belajar adalah model pembelajaran Rotation Trio Exchange. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Rotation Trio Exchange pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Malang, untuk mengetahui aktivitas siwa dalam menggunakan model pembelajaran Rotation Trio Exchange, dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas VIII S SMP Muhammadiyah 1 Malang setelah menggunakan model pembelajan Rotation Trio Exchange. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang betujuan untuk meneliti atau menemukan informasi sebanyak-banyaknya dari suatu fenomena. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Malang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Rotation Trio Exchange. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Rotation Trio Exchange. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Rotation Trio Exchange dalam kegiatan pembelajaran sudah mencapai ketuntasan belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Malang tahun pelajaran 2014/2015, yaitu siswa dapat memahami materi yang diberikan oleh guru, khususnya pada materi lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir siswa yang sudah mencapai persentase ketuntasan belajar 79,41% dengan rata-rata 79,76. Hasil analisis data ini sudah mencapai SKBM (Stantar Ketuntasan Belajar Siswa Minimum) yang ditetapkan sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Rotation Trio Exchange dapat memenuhi ketuntasan belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Malang tahun pelajaran 2014/2015.