Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perangkat pembelajaran serta menganalisis kelayakan (aspek kevalidan) pada materi bentuk aljabar berdasarkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan model 4D (four-D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Dessiminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran untuk penilaian RPP dan LKS oleh ahli, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta lembar angket untuk mengatahui respon siswa setelah melakukan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan perangkat pembelajaran, serta analisis kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan aspek kevalidan oleh validator dengan skor rata-rata 3,25 untuk RPP, skor rata-rata 3,03 untuk LKS 1 & LKS 2, serta aspek kepraktisan yang diukur dari observasi dan respon siswa persentase yang diperoleh adalah skor rata-rata 76% aktivitas guru, 78% aktivitas siswa, dan respon siswa dikatakan positif dengan skor rata-rata73% dan keefektivan dari hasil tes siswa yang diperoleh bahwa nilai terendah adalah 64, nilai tertinggi adalah 84, dengan nilai rata-ratanya 74,70. Dari hasil tes siswa ini ada 7 siswa yang mendapat nilai ≤ 70, sedangkan 23 lainnya mendapat nilai ≥ 70, dengan persentase 77% siswa yang mendapat nilai ≥ 70.