PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 2 TRENGGALEK
Main Author: | SAPUTRO, ADI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40295/1/jiptummpp-gdl-adisaputro-50906-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40295/2/jiptummpp-gdl-adisaputro-50906-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40295/3/jiptummpp-gdl-adisaputro-50906-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40295/4/jiptummpp-gdl-adisaputro-50906-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40295/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika di SMK Negeri 2 Trenggalek yang cenderung monoton, serta masih rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran berbasisi masalah dengan penilaian portoflio, mendiskripsikan hasil belajar siswa dan mendiskripsikan kemampuan kreatif siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian portofolio. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Trenggalek, pada tanggal 29 juli sampai 9 agustus 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan penelitian kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini siswa kelas X-JBG yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran berbasisi masalah dengan penilaian portofolio. Data yang diperoleh dari penelitian ini diambil melalui observasi untuk mengetahui keterlaksanan aktivitas siswa dan guru, hasil belajar dan kemampuan kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapam model pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian portofolio dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh aktivitas guru selama pertemuan I sampai III rata-rata keseluruahan aktivitas guru didapatkan 85,66% sedangkan aktivitas siswa didapatkan sebesar 81%. Hasil belajar siswa selama penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian portofolio didapatkan prosentase secara keseluruhan siswa sebesar 76,47%, maka dapat dikatakan presentase ketuntasan siswa secara klasikal lebih dari 75% dapat disimpulkan siswa kelas X-JBG dapat dikatakan tuntas. Kemampuan kretif siswa dalam menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian portofolio sebanyak 12 siswa mendapatkan kategori kreatif, 15 siswa mendapatkan kategori cukup kreatif dan 1 siswa memdapatkan kategori sangat kreatif. Presentase kemampuan kreatif siswa kelas X JBG sebesar 54,16%.