ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN TEORI APOS DI KELAS VII SMP KARTIKA IV-8 MALANG
Main Author: | MUNIATI, EVY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40258/1/jiptummpp-gdl-evymuniati-50915-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40258/2/jiptummpp-gdl-evymuniati-50915-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40258/3/jiptummpp-gdl-evymuniati-50915-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40258/4/jiptummpp-gdl-evymuniati-50915-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40258/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang berusaha untuk mendeskripsikan pemahaman siswa mengenai materi himpunan pada teori APOS. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan wawancara terhadap 8 subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi himpunan berdasarkan teori APOS bervariasi atau berada pada 4 tahap yaitu Aksi, Proses, Objek dan Skema. Pemahaman pada tahap aksi, subjek hanya dapat melakukan aktivitas prosedural yaitu siswa dapat menentukan setiap anggota dari suatu himpunan dengan menjabarkan anggotanya dan dalam menyelesaikan permasalahan soal cerita matematika subjek hanya mampu menjabarkan atau menuliskan apa yang diketahui pada soal tersebut. Pemahaman pada tahap proses, subjek sudah memiliki pemahaman prosedural yaitu siswa mampu membuat atau menggambar diagram venn dengan tiga himpunan. Pemahaman pada tahap objek, subjek sudah memiliki pemahaman konseptual yaitu subjek mampu menjelaskan definisi irisan dan gabungan serta memberikan contoh dan bukan contoh himpunan. Tahap terakhir adalah skema yaitu subjek mampu mengaitkan aksi, proses, dan objek sehingga siswa mampu dalam menyelesaikan soal bentuk cerita.