PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG

Main Author: HAIRUNNISA, HAIRUNNISA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/40256/1/jiptummpp-gdl-hairunnisa-50919-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40256/2/jiptummpp-gdl-hairunnisa-50919-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40256/3/jiptummpp-gdl-hairunnisa-50919-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40256/4/jiptummpp-gdl-hairunnisa-50919-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40256/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan ini bertujuan dari untuk mendeskripsikan (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada materi perbandingan. (2) Aktivitas siswa pada model pembelajaran Think Pair Share. (3) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MTs Muhammadiyah 1 Kota Malang pada tanggal 20 February - 08 Maret 2017 dengan mengambil subjek penelitian kelas VII-B. Kelas tersebuqt terdiri dari 26 siswa dengan pembagian siswa perempuan sebanyak 12 orang dan siswa laki-laki 14 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah instrument pembelajaran yang berupa RPP (rencana pelaksaan pembelajaran), lembar tes ( pretest dan posttest), lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share yang dilaksanakan selama dua pertemuan secara keseluruhan dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 81.95% dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas guru pada pertemuan kedua mencapai 79,17% dan pertemuan ketiga mencapai 84,72%. Sehingga mendapatkan skor rata-rata 81,95% dengan criteria baik; (3) aktivitas siswa pada pertemuan kedua mencapai 73,27% dan pertemuan ketiga mencapai 83,77%. Sehingga mendapatkan skor rata-rata 78,52% dengan criteria baik; (4) hasil belajar matematika peserta didik pada penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share memperoleh hasil sangat baik. Hal itu terlihat dari tuntasnya tiap peserta didik. Dari 26 peserta didik, yang tidak tuntas hanya tiga peserta didik dengan skor yang didapat adalah 50, 60, dan 60, sedangkan nilai KKM yang harus didapat untuk dinyatakan tuntas adalah lebih atau sama dengan 75. Ketuntasan secara klasikal juga dinyatakan tuntas sebab skor yang didapat dalam penelitian ini adalah dari 36% ke 86.95% sebesar 50.95%.