EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Main Author: PRADANI, KHARISMA KURNIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/40254/1/jiptummpp-gdl-kharismaku-50928-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40254/2/jiptummpp-gdl-kharismaku-50928-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40254/3/jiptummpp-gdl-kharismaku-50928-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40254/4/jiptummpp-gdl-kharismaku-50928-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40254/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang, diperoleh informasi bahwa pada sekolah tersebut dijumpai berbagai masalah pada kegiatan pembelajaran matematika. Masalah-masalah tersebut diantaranya yaitu,kurangnya aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap matematika sehingga berdampak pada rendahnya respon siswa terhadap pembelajaran matematika, banyaknya siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran matematika. Dari permasalahan yang ada, diperlukan adanya penelitian yang bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika, tingkat respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika, tingkat ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model Kooperatif tipe Question Student Have di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Pendekatan dan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan adata menggunakan lembar observasi,angket dan tes. Instrumen datanya menggunakan RPP sebelum dilaksanakan penerapan model tersebut,observasi,angket dan tes hasil belajar, Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat aktivitas siswa dapat dikategorikan baik. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 71,58% sedangkan pada pertemuan kedua terjadi peningkatan menjadi 78,42% Sehingga didapatkan rata-rata persentase aktivitas siswa pada jenis aktivitas tersebut adalah 75,00% dengan kategori baik. Tingkat respon siswa memberikan respon positif. Secara keseluruhan total rata-rata yang diperoleh siswa berdasarkan indikator sebesar 2,82 yang berarti siswa merespon positif kegiatan pembelajaran matematika dengan model Kooperatif tipe Question Student Have. Tingkat ketuntasan belajar siswa dikategorikan tuntas secara klasikal. Hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 81% sedangkan siswa yang belum tuntas mencapai 19%. Berdasarkan kategori ketuntasan hasil belajar siswa dapat dikategorikan tuntas secara klasikal.