Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian ini metode pembelajaran yang digunakan adalah tutor sebaya. Sumber data adalah siswa kelas VIII A MTs Al-umron Blitar dan peneliti. Data diambil melalui observasi dan wawancara untuk mengetahui partisipasi siswa baik tutor maupun anggota kelompok dan hasil belajar afektif sedangkan hasil belajar kognitif siswa diambil dari nilai tes individu yang dilakukan pada setiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi siswa sebagai tutor mendapatkan persentase sebesar 79.55% dengan kategori baik. Tutor sudah mampu membantu serta menjelaskan materi kepada teman sekelompoknya yang mengalami kesulitan. Sedangkan Partisipasi siswa sebagai anggota kelompok mendapatkan persentase sebesar 79.55% dengan kategori baik Hal ini terjadi karena siswa berani mengajukan pertayaan kepada tutor atau teman apabila mengalami kesulitan terkait dengan materi yang sedang dipelajari, siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengerjakan LKK yang diberikan oleh guru dengan baik, siswa selalu mendengarkan dan memperhatikan instruksi dari tutor. (2) Hasil belajar afektif mendapatkan persentase sebesar 79.96% dengan kategori baik,karena sikap siswa selama proses pembelajaran melelui metode tutor sebaya mengalami peningkatan pada setiap pertemuanya. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran matematika melalui metode tutor sebaya memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 77.8 %. Sedangkan untuk persentase ketidaktuntasan secara klasikal memperoleh persentase sebesar 22.2%.