Daftar Isi:
  • Matematika merupakan pelajaran yang berkaitan langsung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik materi maupun kegunaannya. Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah agar siswa mampu menggunakan strategi pemecahan masalah persamaan kuadrat. Dalam startegi pemecahan masalah soal persamaan kuadrat siswa cenderung hanya terfokus pada hasil akhir dan mengabaikan bagaimana strategi pemecahan masalah dengan penyelesaian yang baik. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana solusi penyelesaian siswa pada persamaan kuadrat dengan tiga strategi, yakni memfaktorkan persamaan, rumus kuadrat, dan melengkapkan kuadrat sempurna. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang. Tes tulis diberikan kepada 14 siswa. Jawaban siswa kemudian dianalisis berdasarkan solusi yang paling sering digunakan dan yang tidak pernah digunakan sama sekali. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan solusi penyelesaian persamaan kuadrat dengan menggunakan dua cara yaitu pemfaktoran , rumus kuadrat dan kuadrat sempurna yaitu siswa lebih dominan menggunankan cara pemfaktoran dan rumus kuadrat. Hal ini berdasarkan hasil yang didapat oleh peneliti yakni sebanyak 26% siswa menggunakan pemfaktoran dan 74% siswa menggunakan rumus kuadrat, sementara rumus melengkapkan kuadrat sempurna tidak menjadi pilihan siswa.