PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI SEBAGAI BENTUK SIMULASI MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP DHARMA WANITA 03 PAGELARAN
Main Author: | ANGGRAENI, NOVITA NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40162/1/jiptummpp-gdl-novitanura-51117-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40162/2/jiptummpp-gdl-novitanura-51117-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40162/3/jiptummpp-gdl-novitanura-51117-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40162/4/jiptummpp-gdl-novitanura-51117-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40162/ |
Daftar Isi:
- Karakteristik matematika yaitu objeknya yang abstrak dan tidak semua objek dapat divisualisasikan mengakibatkan sebagian besar kelas VIII A di SMP Dharma Wanita 03 Pagelaran berpikir bahwa belajar matematika adalah hal yang menakutkan dan membosankan sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media yang dapat mensimulasi siswa dalam memahami materi yang dirancang menggunakan teknologi komputer, yang memadukan audio dan visual seperti suara, teks, dan gambar dalam bentuk animasi Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan pengembangan mengacu pada model prosedural DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate) yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap penentuan tujuan yang meliputi analisis kurikulum, siswa, dan media pembelajaran, tahap desain perencanaan yang meliputi pembuatan flow chart dan desain story board, tahap pengembangan yang meliputi proses pembuatan media animasi yang dimulai dengan menggambar karakter kemudian pemberian teks, dan suara, dan tahap evaluasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah digunakannya media animasi. Perbedaan rata-rata dari sebelum dan sesudah digunakannya media animasi menunjukan adanya peningkatan hasil belajar.