Daftar Isi:
  • Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak pada perkembangan dalam dunia pendidikan. Salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dan sangat membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah matematika. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai kajian abstrak, sehingga membutuhkan pemahaman tingkat tinggi. Untuk itu dibutuhkan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam mempermudah memahami materi yang dipelajari. Media yang dapat digunakan salah satunya yaitu menggunakan media komputer. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa software komputer atau multimedia. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis game animasi macromedia flash 8 pada materi bangun ruang, (2) menunjukkan respon pengguna setelah menggunakan media pengembangan atau yang lebih dikenal dengan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 terbagi beberapa tahap yakni penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, validasi produk, uji lapangan. Penelitian ini menggunakan dua instrumen data yakni instrumen angket validasi ahli (media dan materi) dan instrumen angket responden (siswa dan guru). Hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh rata-ratanya 3,68 dan 3,76 yang menunjukan bahwa media tersebut sangat layak untuk diuji cobakan dilapangan dengan syarat direvisi terlebih dahulu. Setelah dilakukan uji lapangan, hasil diperoleh dari respon pengguna (siswa dan guru) rata-ratanya adalah 2,85 dan 3,34 sehingga menunjukan berada pada kategori baik dan sangat baik.