KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TGT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING
Main Author: | AGUSTIRA, ENGGARSARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40160/1/jiptummpp-gdl-enggarsari-51295-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40160/2/jiptummpp-gdl-enggarsari-51295-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40160/3/jiptummpp-gdl-enggarsari-51295-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40160/4/jiptummpp-gdl-enggarsari-51295-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40160/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model TGT dengan pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif kualitatif. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatifmatematis siswa dengan menerapkan model model TGT dengan pendekatan Problem Posing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 1 MAN Kota Batu, sebanyak tiga puluh empat siswa. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, hasil tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat tercapainya aktivitas guru dan siswa, kemampuan pemecahan masalah serta berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model TGT dengan pendekatan Problem Posing telah berjalan dengan sangat baik, ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata aktivitas guru sebesar 3,50 dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,50. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa termasuk dalam kategori baik yaitu 80,5 %. Sama halnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang termasuk dalam kategori baik yaitu 73,67 %.