ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL AIR DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Main Author: ARIFTA, YUSI DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/40139/1/jiptummpp-gdl-yusidwiari-51301-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40139/2/jiptummpp-gdl-yusidwiari-51301-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40139/3/jiptummpp-gdl-yusidwiari-51301-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40139/4/jiptummpp-gdl-yusidwiari-51301-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40139/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran model AIR dengan pendekatan kontekstual (2) kemampuan berpikir kritis dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model AIR dan pendekatan kontekstual. Jenis penilitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sumber data adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Malang. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, dan tes tulis uraian untuk megetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menerapkan model AIR dengan pendekatan kontekstual dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dengan kategori baik (2) kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata skor secara keseluruhan dengan kategori cukup baik untuk kelompok dan kategori baik untuk tes individu dengan aspek interpretasi, analisis dan evaluasi kategori baik dan interpretasi kategori cukup baik (3) kemampuan berpikir kreatif siswa rata-rata skor secara keseluruhan dengan kategori cukup baik untuk kelompok dan kategori baik untuk tes individu dengan aspek keluwesan, keaslian dan keterincian baik serta kefasihan cukup baik.