PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI PELUANG
Main Author: | FIRMANSA, ILMAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40137/1/jiptummpp-gdl-ilmanfirma-51357-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40137/2/jiptummpp-gdl-ilmanfirma-51357-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40137/3/jiptummpp-gdl-ilmanfirma-51357-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40137/4/jiptummpp-gdl-ilmanfirma-51357-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40137/ |
Daftar Isi:
- pembelajaran yang menarik dapat membantu siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan. salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membuat pembelajaran menarik adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Lectora Inspire pada materi peluang, (2) bagaimana kepraktisan dari media pembelajaran matematika berbasis Lectora Inspire pada materi peluang, (3) bagaimana keefektivan dari media pembelajaran matematika berbasis Lectora Inspire pada materi peluang, dan (4) bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis Lectora Inspire pada materi peluang, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan media pembelajaran dengan uji coba terbatas. Adapun langkah-langkah pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, dan (6) uji coba produk. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan lembar validasi. Berdasarkan hasil validasi media oleh ahli media diperoleh rata-rata penilaian sebesar 3,71 yang dinyatakan valid. Sedangkan pada aspek materi juga dinyatakan valid oleh validator ahli materi dengan rata-rata penilaian sebesar 3,28. Kepraktisan pada media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,5. Media pembelajaran yang dikembangkan dikatakan efektif karena karena peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 71,4% dari 21 peserta didik. Respon siswa terhadap media pembelajaran dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tersebut sangat menarik dengan nilai rata-rata 3,28.