Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penerapan model pembelajaran jucama pada pembelajaran matematika, (2) kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran jucama, (3) kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran jucama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran jucama pada kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumber data adalah siswa kelas VIII D SMP Kartika IV-8 Malang dan peneliti. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pengerjaan tes tulis untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa, dan wawancara untuk mengetahui penerapan pembelajaran jucama terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan model pembelajaran jucama dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan dalam RPP. Rata-rata skor aktivitas guru adalah 82,63 yang berkategori baik dan aktivitas siswa sebesar 83 yang terkategori baik. (2) kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai tingkat penguasaan baik yaitu 74,48 dengan kategori baik pada aspek menyatakan ulang suatu konsep, kategori sangat baik pada aspek mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, kategori baik pada aspek memberi contoh dan non contoh suatu konsep, kategori cukup baik pada aspek menyatakan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, kategori baik pada aspek menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan kategori cukup baik pada aspek mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. (3) kemampuan berpikir kritis siswa memiliki rata-rata skor 73,96 yang diklasifikasikan dalam kategori baik. Dimana semua aspek pada kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jucama pada pembelajaran matematika telah mencapai rata-rata dengan kategori yang baik untuk setiap variabelnya.