ANALISIS BERPIKIR LOGIS DAN KREATIF SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODELROLE PLAYING DAN PENDEKATAN REALISTIK
Main Author: | Amalia, Fillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40074/1/jiptummpp-gdl-fillahamal-51663-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40074/2/jiptummpp-gdl-fillahamal-51663-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40074/3/jiptummpp-gdl-fillahamal-51663-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40074/4/jiptummpp-gdl-fillahamal-51663-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40074/ |
Daftar Isi:
- Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir logis dan proses berpikir kreatif siswa dalam penerapan model role playing dan pendekatan pendidikan matematika realistik. Penelitian ini mencakup penggabungan antara model role playing dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk memperagakan peran tentang materi matematika secara realistik . Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu proses berpikir logis dan proses berpikir kreatif siswa.. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII-F SMPN 22 Malang. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara yang digunakan untuk mengetahui proses berpikir logis dan kreatif siswa. Analisis data dilakukan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan mengolah data menggunakan perhitungan presentase untuk menghitung rata-rata keseluruhan hasil tes proses berpikir logis dan berpikir kreatif siswa. Sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan data yang telah didapatkan pada penelitian. Hasil penelitian menunjukkan berpikir logis pada penerapan role playing dan pendekatan pendidikan matematika realistik mencapai skor 74,26% dalam kategori sedang. Berpikir kreatif pada penerapan role playing dan pendekatan pendidikan matematika realistik mencapai skor 75,19% dalam kategori sedang.