KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
Main Author: | SHOLIHAH, LILIK MAZRO'ATUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40066/1/jiptummpp-gdl-lilikmazro-55595-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40066/2/jiptummpp-gdl-lilikmazro-55595-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40066/3/jiptummpp-gdl-lilikmazro-55595-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40066/4/jiptummpp-gdl-lilikmazro-55595-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40066/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran matematika, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan model Numbered Heads Together (NHT), (3) Kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan model Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa. Sumber data adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Malang dan peneliti. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pengerjaan tes tulis untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan model Numbered Heads Together (NHT) dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan dalam RPP. Rata-rata skor aktivitas guru adalah 84,89 yang berkategori baik dan aktivitas siswa sebesar 82,29 yang terkategori baik. (2) kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai tingkat penguasaan baik yaitu 78,43 dengan kategori baik pada aspek memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan masalah, kategori sangat baik pada aspek melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan kategori cukup baik pada aspek memeriksa kembali hasil pemecahan masalah. (3) Kemampuan komunikasi matematis siswa memiliki rata-rata skor 80,83 yang diklasifikasikan dalam kategori baik. Dimana semua aspek pada komunikasi matematika termasuk dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran matematika telah mencapai rata-rata dengan kategori yang baik untuk setiap variabelnya.