Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematika berdasarkan model Polya yang dilakukan oleh siswa dengan peminatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI IPA, 26 siswa kelas XI IPS, dan 30 siswa kelas XI Bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Data yang diperoleh dari tes belum mengungkap aspek yang diinginkan sehingga harus dilakukan triangulasi teknik, ditindaklanjuti dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa pada peminatan IPA dan Bahasa dalam menyelesaikan masalah melakukan seluruh langkah pada model Polya dimana langkah awal siswa melakukan pemahaman terlebih dahulu dilanjutkan dengan melakukan perencanaan, lalu dilanjutkan dengan melakukan pelaksanaan perencanaan, dan langkah yang terakhir melakukan pengecekkan kembali. Selanjutnya siswa peminatan IPS dalam menyelesaikan masalah tidak melakukan seluruh langkah dalam model Polya dimana langkah awal siswa melakukan pemahaman terlebih dahulu dilanjutkan dengan melakukan perencanaan, lalu dilanjutkan dengan melakukan pelaksanaan perencanaan, namun tidak melakukan pengecekan kembali.