PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP

Main Author: CAHYANINGRUM, VIRDIAN DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/40049/1/jiptummpp-gdl-virdiandwi-49469-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40049/2/jiptummpp-gdl-virdiandwi-49469-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40049/3/jiptummpp-gdl-virdiandwi-49469-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40049/4/jiptummpp-gdl-virdiandwi-49469-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40049/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran generatif dengan teknik brainstorming terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika peserta didik SMP Negeri 2 Karangrejo. Tempat dan pelaksanaan penelitian yaitu di SMP Negeri 2 Karangrejo yang terletak di desa Gedangan, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung dengan responden kelas VIII-A.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penilitian eksperimen semu dengan desain one group pretest posttest design dengan mengambil satu kelas secara acak. Pengambilan data diperoleh dengan mengadakan tes dan wawancara. Statistik yang digunakan adalah uji paired sample t test dengan taraf signifikasi yang digunakan adalah α=5%. Pengujian hipotesisnya adalah jika nilai probabilitas < 0,05 maka Ho ditolak, sehingga Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif dengan teknik branstorming terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematika peserta didik.