Daftar Isi:
  • Pembelajaran Matematika di MTs Muhammadiyah 1 Malang hanya berfokus pada pembelajaran logika dan perhitungan dan kurang membangun pembelajaran yang bermakna moral dan watak kepribadian yang sesuai dengan pilar interaktif pendidikan matematika. Pilar interaktif ini akan menubuhkan kecerdasan sosial, kecerdasan ini berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Manullang, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan sosial siswa terhadap prestasi belajar siswa. Kecerdasan sosial ini meliputi dua aspek yaitu aspek kesadaran sosial dan fasilitas sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket kecerdasan sosial siswa. Hasil analisis validasi dan reabilitas angket kecerdasan sosial menunjukan bahwa semua item angket kecerdasan sosial valid dan reabilitas. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa kecerdasan sosial yang meliputi aspek kesadaran sosial dan fasilitas sosial masing-masing memperngaruhi prestasi belajar siswa. Bedasarkan hasil analisis Koefisien Korelasi (R) dan Koefisien Determenasi diperoleh bahwa ada keeratan pengaruh antara kecerdasan sosial siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan tingkat pengaruh sebesar 54,8%. Dari hasil uji hipotesi secara simultan/bersama-sama diperoleh bahwa ada pengaruh kesadaran sosial dan fasilitas sosial terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan uji hipotesis secara parsial diperoleh bahwa kesadaran sosial mapun fasilitas sosial masing-masing dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.