ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS IX DI SMPN 3 PROBOLINGGO
Main Author: | NUGROHO, ARIF WICAKSONO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40037/1/jiptummpp-gdl-arifwicaks-49595-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40037/2/jiptummpp-gdl-arifwicaks-49595-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/40037/3/jiptummpp-gdl-arifwicaks-49595-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40037/4/jiptummpp-gdl-arifwicaks-49595-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40037/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 3 Probolinggo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tulis dan wawancara. Tes tulis digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan, sedangkan wawancara digunakan untuk menguatkan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan. Hasil tes tulis akan dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis serta dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif karena data yang akan disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal cerita, secara umum keseluruhan indikator komunikasi matematis siswa secara tertulis maupun lisan terpenuhi dengan baik. Pada siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat sedang dalam meyelesaikan soal cerita, secara umum keseluruhan indikator komunikasi matematis siswa secara tertulis maupun lisan belum dapat dikatakan terpenuhi dengan baik secara keseluruhan. Pada siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat rendah, secara umum keseluruhan indikator komunikasi matematis siswa secara tertulis maupun lisan belum terpenuhi.