EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU
Main Author: | AGUSTIN, FITRIYA AYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/40032/1/jiptummpp-gdl-fitriyaayu-49597-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/40032/2/jiptummpp-gdl-fitriyaayu-49597-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/40032/3/jiptummpp-gdl-fitriyaayu-49597-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40032/4/jiptummpp-gdl-fitriyaayu-49597-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/40032/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning yang ditinjau dari: 1) deskripsi aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran; 2) deskripsi respon siswa setelah diterapkannya model PBL; 3) deskripsi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data yang berasal dari hasil observasi, hasil angket dan hasil tes siswa. Sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 8 Batu. Data yang diambil melalui observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa selama diterapkannya model PBL, data yang diambil melalui angket digunakan untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkannya model PBL sedangkan data yang diambil melalui tes tertulis digunakan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model PBL. Data akan dianalisis dengan menghitung nilai pada setiap indikator untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas siswa selama diterapkannya model PBL tergolong baik dengan rata-rata persentase sebesar 71,63%; 2) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model PBL yang telah dilakukan dengan pencapaian respon sebesar 2,88; 3) hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dengan pencapaian sebesar 80%. Ketiga aspek penilaian model yang meliputi aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa terpenuhi. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning telah efektif diterapkan.