PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP ISLAM KARANGPLOSO

Main Author: MURNI, MAYLIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/39975/1/jiptummpp-gdl-mayliamurn-49734-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39975/2/jiptummpp-gdl-mayliamurn-49734-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39975/3/jiptummpp-gdl-mayliamurn-49734-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39975/4/jiptummpp-gdl-mayliamurn-49734-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39975/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengembangan modul matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar, (2) Kualitas modul dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar dilihat dari hasil validasi materi dan media minimal valid, (3) Keefektifan modul matematika yang dikembangkan berdasarkan pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar dilihat dari nilai tes hasil belajar siswa tuntas dan respon siswa terhadap modul minimal baik. Hal ini dikarenakan siswa membutuhkan media untuk memudahkan mempelajari geometri khususnya dalam pemahaman ruang dan bentuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif serta jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas VIII A SMP Islam Karangploso tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 6 orang pada tahap uji coba perseorangan (one by one) sedangkan untuk uji coba kelompok besar melibatkan seluruh siswa kelas VIII A berjumlah 22 orang siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 April - 06 Mei 2017. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil analisis validasi oleh ahli materi dan media dinyatakan sangat layak atau sangat valid. (2) Keefektifan modul dilihat dari nilai tes hasil belajar menunjukkan dari 22 siswa yang melaksanakan tes, terdapat 17 siswa yang lulus KKM sekolah. Hasil analisis respon siswa menunjukkan respon positif dari siswa. Dengan demikian modul dengan pendekatan pendidikan matematika realistik memberikan hasil yang sesuai harapan maka dapat dinyatakan efektif.