KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MODEL CPS DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED SISWA KELAS VIII MTsN BANGSAL
Main Author: | WINDARI, RIZKY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39934/1/jiptummpp-gdl-rizkywinda-49968-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39934/2/jiptummpp-gdl-rizkywinda-49968-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/39934/3/jiptummpp-gdl-rizkywinda-49968-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39934/4/jiptummpp-gdl-rizkywinda-49968-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39934/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dengan pendekatan Open Ended (2) kemampuan penalaran siswa pada pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dengan pendekatan Open Ended (3) kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dengan pendekatan Open Ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah siswa kelas VIIIG MTsN Bangsal Mojokerto dan peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, dan tes tulis untuk mengetahui kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dengan pendekatan Open Ended dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran (2) kemampuan penalaran siswa setelah menggunakan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dengan pendekatan Open Ended dikategorikan sangat baik pada aspek memberikan pernyataan-pernyataan, aspek mengajukan dugaan tentang jawaban dan proses solusi, aspek melakukan manipulasi matematika, serta aspek menarik kesimpulan (3) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dengan pendekatan Open Ended juga mendapatkan kategori sangat baik pada aspek memahami masalah, aspek merencanakan penyelesaian masalah, aspek melaksanakan penyelesaian masalah, serta aspek mengoreksi kembali.