ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM TAHAPAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 11 MALANG
Main Author: | SELVIA, ELISKA FINDY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39933/1/jiptummpp-gdl-eliskafind-49994-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39933/2/jiptummpp-gdl-eliskafind-49994-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/39933/3/jiptummpp-gdl-eliskafind-49994-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39933/4/jiptummpp-gdl-eliskafind-49994-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39933/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 11 Malang mengalami kesulitan dalam tahapan saintifik yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 81A tahun 2013 lampiran V. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai bentuk kesulitan siswa dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah kelas VIII E SMP Negeri 11 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan siswa dalam tahapan saintifik pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 11 Malang. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknis pengumpulan data menggunakan lembar observasi, penyebaran angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan siswa dalam tahapan saintifik pada pembelajaran matematika antara lain: (1) siswa mengalami kesulitan dalam mengamati diagram perpaduan untuk menemukan selesaian persamaan linier dua variabel dan tidak membaca materi dengan baik. (2) Siswa tidak bisa membuat pertanyaan dari permasalahan matematika yang sudah diamati. (3) Siswa tidak berani mengutarakan pendapat (4) Siswa tidak tahu cara untuk bertanya dan tidak tahu apa yang ingin ditanyakan (5) Siswa tidak mencoba untuk bertanya atau mencari tahu dari buku bacaan yang lain ketika mengalami kesulitan dalam menentukan selesaian dari persamaan linier dua variabel. (6) Siswa kesulitan dalam menemukan dan menyampaikan hasil diskusi mengenai bentuk umum persamaan linier dua variabel. Sedangkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam tahapan saintifik antara lain: (1) Kurangnya kesadaran siswa untuk belajar dan mengikuti proses pembelajaran. (2) Lebih senang berbicara sendiri dengan temannya sehingga tidak memahami permasalahan dengan semestinya. (3) Perasaan takut yang lebih dominan. (4) tidak mau bertanya ketika bingung. (5) Cepat putus asa. (6) Penguasaan bahasa matematika yang masih kurang dan kurang terbiasa dalam menalar.