KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA
Main Author: | SHOLIKHAH, MAR'ATUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39931/1/jiptummpp-gdl-maratussho-50046-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39931/2/jiptummpp-gdl-maratussho-50046-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/39931/3/jiptummpp-gdl-maratussho-50046-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39931/4/jiptummpp-gdl-maratussho-50046-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39931/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model REACT berbasis etnomatematika terhadap kemampuan koneksi dan representasi siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran, kemampuan koneksi dan representasi matematis siswa dengan menerapkan model REACT berbasis etnomatematika. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga puluh siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Bangsal, Mojokerto. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, dan tes untuk mengetahui kemampuan koneksi dan representasi matematis siswa, serta wawancara untuk mendukung hasil observasi dan tes yang telah dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat tercapainya aktivitas guru dan siswa, kemampuan koneksi serta representasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model REACT berbasis etnomatematika telah berjalan dengan sangat baik, ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata aktivitas guru sebesar 3,51 dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,58. Kemampuan koneksi matematis siswa termasuk dalam kategori baik yaitu 82,87%. Sama halnya kemampuan representasi matematis siswa yang termasuk dalam kategori baik yaitu 78,75%.