Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pembuatan media pembelajaran berbasis game edukasi komputer. 2) mengetahui efektivitas game edukasi matematika dengan tema petualangan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan respon siswa. Laporan penelitian dan pengembangan ini mendeskripsikan pembuatan dan efektivitas media pembelajaran berbasis game komputer yang dikembangkan. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan software animasi Adobe Flash Professional CS6. Media pembelajaran ini memuat materi Aritmatika Sosial untuk siswa SMP kelas VII. Media pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono (2015) yang meliputi 1) analisis kebutuhan, 2) pembuatan produk, 3) validasi media, 4) revisi produk, 5) uji coba produk, 6) revisi produk, 7) produksi akhir media. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah dosen sebagai ahli media dan ahli materi dan siswa kelas VII SMP MaÂ’arif Batu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta lembar angket responden dan lembar wawancara untuk siswa. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran adalah berupa produk pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi komputer bertema petualang dengan Adobe Flash Professional CS6. Hasil dari analisis validasi media pembelajaran menunjukan bahwa kelayakan media dengan presentase penilaian mencapai 83,25% yang masuk ke dalam kategori sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan kelayakan materi dengan presentase penilaian mencapai 75,33% dengan kategori valid berdasarkan penilaian ahli materi. Hasil uji coba terhadap siswa menyatakan bahwa efektivitas media pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan presentase penilaian mencapai 85,54% dan dari hasil wawancara didapatkan siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk menyelesaikan soal-soal latihan hingga mendapat jawaban yang tepat dan merasa tertantang berlatih matematika dengan media pembelajaran berbasis game.