PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES-TOURNAMENT PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PLUS DARUSSALAM LAWANG

Main Author: ICHSAN, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/39921/1/jiptummpp-gdl-muhammadic-55265-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39921/2/jiptummpp-gdl-muhammadic-55265-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39921/3/jiptummpp-gdl-muhammadic-55265-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39921/4/jiptummpp-gdl-muhammadic-55265-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39921/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi segiempat dan segitiga terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dan kelas VII-C SMP Plus Darussalam Lawang, yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang kuat dari pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa. Ternyata kemandirian belajar siswa kelas eksperimen sesudah diberikan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada sebelum diberikan pembelajaran kooperatif tipe TGT, serta kemampuan koneksi matematis kelas eskperimen yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Kemandirian belajar siswa yang membaik terlihat dari perbedaan rata-rata nilai angket kemandirian belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran kooperatif tipe TGT dilakukan juga dengan hasil uji regresi yang menyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh 63,1% terhadap kemandirian belajar siswa kelas eksperimen, sedangkan kemampuan koneksi matematis terlihat dari perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol juga dibuktikan dengan hasil uji T-Test yang telah dilakukan.