LAPORAN SKRIPSI ANALISIS CARA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU
Main Author: | SEPTIYANINGRUM, BERNA RUDHITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39920/1/jiptummpp-gdl-bernarudhi-47673-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39920/2/jiptummpp-gdl-bernarudhi-47673-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/39920/3/jiptummpp-gdl-bernarudhi-47673-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39920/4/jiptummpp-gdl-bernarudhi-47673-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39920/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikancara pemecahan masalah yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP Muhammadiyah 8 Batu dan faktor apa yang mempengarui cara yang digunakan siswa. Pendekatan dan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Terdapat empat cara penyelesaian masalah yang dapat digunakan yaitu:1) eliminasi; 2)substitusi; 3) grafik; dan 4) campuran. Pada penelitian ini, tes terdiri dari 5 soal yang dapat diselesaian dengan memilih salah satu cara penyelesaian tersebut. Hasil dari penelitian diperoleh beberapa data berkaitan dengan cara yang digunakan siswa dalam menentukan cara penyelesaian Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII A.Berdasarkan lima butir soal tes yang diberikan, soal nomor 1 memiliki persentase tertinggi pada cara campuran. Soal nomor 2 persentase tertinggi pada cara eliminasi. Soal nomor 3 persentase tertinggi pada cara grafik. Soal nomor 4 persentase tertinggi pada cara eliminasi. Soal nomor 5 persentase tertinggi pada cara eliminasi. Lima butir soal tes diperoleh persentase cara eliminasi 52% (kecenderungan tingkat tinggi), disusul dengan cara grafik, campuran dan substitusi dengan persentase masing-masing 21%, 21%,dan 6%.Faktor yang mempengaruhi cara pemecahan masalah matematika siswa SMP Muhammadiyah 8 Batu adalah faktor internal yaitu faktor dalam yakni kemudahan dalam cara penyelesaian soal, bentuk soal, dan faktor guru mengajar.