ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG
Main Author: | SYARIFAH, DITA LATIFATU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39919/1/jiptummpp-gdl-ditalatifa-47674-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39919/2/jiptummpp-gdl-ditalatifa-47674-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/39919/3/jiptummpp-gdl-ditalatifa-47674-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39919/4/jiptummpp-gdl-ditalatifa-47674-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39919/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis matematis siswa bedasarkan aspek ekspresi matematika dan aspek menulis teks pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Indikator pada aspek ekspresi matematika yaitu menulis model matematika dan rumus matematika, sedangkan indikator pada aspek menulis teks yaitu menulis simbol matematika dan menulis langkah atau alur dengan lengkap dan runtut. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 samapai 2 Maret 2017. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 1 Malang yang terdiri dari 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu hasil jawaban tes siswa. Hasil penelitian kemampuan siswa pada aspek menuliskan ekspresi matematika dan menulis teks pada soal sistem persamaaan linear dua variabel yaitu siswa mampu menuliskan model matematika sesuai dengan permasalahan yang diberikan namun tidak menuliskan rumus dengan lengkap. Sedangkan hasil tes pada aspek menulis teks siswa mampu menuliskan simbol secara tepat tetapi tidak konsisten dan siswa mampu menuliskan langkah atau alur tetapi kurang lengkap dan runtut. Kekurangan siswa pada penulisan ekspresi matematika dan menulis teks dikarenakan siswa kurang memahami apa yang ditanyakan pada soal tersebut yang mengakibatkan tidak menuliskan jawaban secara menyeluruh. Hasil pencapaian kemampuan menulis matematis siswa berdasarkan aspek ekspresi matematika pada kategori tinggi dengan perolehan rata-rata persentase 67,54%. Sedangkan pencapaian aspek menulis teks siswa pada kategori sedang dengan perolehan rata-rata persentase 60,52%.