PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG

Main Author: KUSWANTO, ERIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/39918/1/jiptummpp-gdl-erikkuswan-47766-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39918/2/jiptummpp-gdl-erikkuswan-47766-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39918/3/jiptummpp-gdl-erikkuswan-47766-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39918/4/jiptummpp-gdl-erikkuswan-47766-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39918/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan peserta didik dalam memahami materi ditentukan oleh ketertarikan peserta didik terhadap penggunaan media oleh guru dalam pembelajaran. Bedasarkan pengamatan, ditemukan masih kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 2 Malang yang menyebabkan kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik. Selain itu pembelajaran yang dilakukan tidak memusatkan aktivitas peserta didik sebagai pusat pembelajaran. Bedasarkan hal tersebut, diperlukan media yang efektif agar tujuan pembelajan dapat tercapai. Media tersebut adalah media kartu berbasis pendekatan scientific. Media kartu adalah media yang mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Dengan teritegrasinya media kartu dengan pendekatan scientific maka akan membuat proses pembelajaran yang terpusat pada peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : (1) mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan media kartu berbasis pendekatan scientific pada pembelajaran matematika kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Malang, (2) menunjukan kepraktisan dan keefektivan media kartu berbasis pendekatan scientific pada pembelajaran matematika kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development (R&D) Model Borg dan Gall. Penelitian pengembangan media kartu ini terdiri dari beberapa tahap yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk dan revisi produk. Penelitian ini menggunakan tiga istrumen pengumpulan data yakni instrument angket validasi ahli media, instrument respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan ujicoba. Hasil validasi ahli media menunjukan bahwa media sangat valid dan dapat digunakan untuk proses ujicoba dengan syarat revisi terlebih dahulu sesuai saran dari ahli media. Hasil ujicoba dilapangan menunjukan bahwa media kartu praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Selain itu, presentase Ketuntasan Klasikal (KK) siswa setelah mengerjakan tes menunjukan media sangat effektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu praktis dan sangat efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika.