Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini berdasarkan pengalaman peneliti pada saat mengikuti program magang 1 sampai dengan magang 3 di SMP Negeri 5 Malang. Peneliti mengikuti dan mengamati proses pembelajaran di dalam kelas dan juga sebagai asisten guru. Saat pembelajaran, guru menggunakan metode diskusi kelompok ketika proses pembelajaran. Guru membagi beberapa kelompok yang terdiri dari empat sampai lima anggota setiap satu kelompok, akan tetapi dalam penerapan metode diskusi hanya beberapa anggota kelompok yang aktif dalam berdiskusi. Berkaitan dengan hasil pengamatan tersebut, maka diperlukan model pembelajaran maupun media pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe TTW. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan media question card pada persamaan kuadrat, (2) keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan media question card pada persamaan kuadrat, (3) hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan media question card pada persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 23 Januari sampai 03 Maret 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik validasi perencanaan, observasi, dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi perencanaan pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan media question card dikategorikan valid, (2) Keterlaksaan pembelajaran kooperatif tipe TTW terdiri dari aktivitas guru dan aktivitas siswa, aktivitas guru dikategorikan baik selama proses pembelajaran dan aktivitas siswa dikategorikan baik dalam mengikuti aktivitas pembelajaran, (3) Hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan media question card menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 83,3% yang mencapai nilai ketuntasan klasikal ≥ 75 dan ketuntasan individu siswa dengan jumlah 10 siswa dari 2 siswa yang mengikuti proses pembelajaran.