Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Malang
Main Author: | SAIFUDIN, MOCHAMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39872/1/jiptummpp-gdl-mochamadsa-48182-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39872/2/jiptummpp-gdl-mochamadsa-48182-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/39872/3/jiptummpp-gdl-mochamadsa-48182-3-bab2.pdf http://eprints.umm.ac.id/39872/4/jiptummpp-gdl-mochamadsa-48182-4-bab3.pdf http://eprints.umm.ac.id/39872/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan mengidentifikasi penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Malang pada tanggal 9 maret dan 14 maret 2017. Objek penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi lingkaran. Subjeknya adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Malang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tulis berbentuk uraian dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik saat menyelesaikan soal materi lingkaran dengan analisis prosedur Newman diperoleh tidak terdapat kesalahan pada aspek membaca soal. Kesalahan masih ditemukan pada aspek memahami, transformasi, kemampuan memproses dan penulisan jawaban. (1) Kesalahan memahami soal hanya terjadi pada dua peserta didik di antara subjek penelitian penyebabnya yaitu karena mereka kurang berlatih dalam beberapa soal mengenai materi lingkaran sehingga menyebabkan mereka tidak dapat menentukan formula atau pemecahan soal yang tepat. (2) Kesalahan transformasi, penyebabnya adalah peserta didik salah dalam penggunaan formula, mereka tidak mengerti formula pada sebagian permasalahan dalam soal, artinya mereka paham maksud soal namun mengalami kebingungan dalam menyelesaikan dan ada beberapa peserta didik tidak mengetahui formula sehingga mereka menyelesaikan soal dengan sekedar apa yang mereka ingat. (3) Kesalahan kemampuan memproses disebabkan oleh kemampuan peserta didik kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Malang pada operasi hitung perkalian yang tergolong rendah. Mereka banyak melakukan kesalahan dalam menghitung bilangan desimal, selain itu subjek penelitian juga kurang teliti dalam proses perhitungan, kehilangan konsentrasi karena terdesak waktu. (4) Kesalahan penulisan jawaban, penyebabnya adalah akibat dari kesalahan sebelumnya, kurang cermat dan tergesa-gesa dalam menulis