PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CC 2014 PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN PERBANDINGAN BERBALIK NILAI DALAM PEMECAHAN MASALAH
Main Author: | MUNIRAH, AZIMATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39861/1/jiptummpp-gdl-azimatulmu-48715-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39861/2/jiptummpp-gdl-azimatulmu-48715-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/39861/3/jiptummpp-gdl-azimatulmu-48715-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39861/4/jiptummpp-gdl-azimatulmu-48715-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39861/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan Adobe Flash Professional CC 2014 pada materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dalam pemecahan masalah. Penelitian ini juga ingin mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan Adobe Flash Professional CC 2014 pada materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dalam pemecahan masalah yang mengacu pada metode pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar pengembangan media untuk validator media dan materi, lembar kepraktisan oleh siswa dan guru, dan pedoman wawancara. Metode pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini dikembangkan menggunakan langkah-langkah menurut Sugiyono, yaitu: 1) Potensi dan Masalah, mencari fakta permasalahan yang ada pada tempat penelitian media yang akan dikembangkan, 2) Pengumpulan data, menyesuaikan materi yang akan dibahas dalam media pembelajaran, materi disesuiakan dengnan kompetensi dasar dan tujuan pembelajara, 3) Desain Produk, mendesain produk sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat, 4) Validasi Produk, desain yang telah dibuat selanjutnya proses validasi oleh validator media dan materi, 5) Revisi Produk (tahap 1), proses perbaikan dari media dari validator, 6) Uji Coba Produk, menguji produk yang dibuat kepada siswa dalam proses pembelajaran di kelas, 7) Revisi Produk (tahap 2), proses perbaikan dari guru matematika, 8) Produk Final, produk yang telah diuji cobakan dan tahap revisi tekah dilakukan maka produk yang dibuat merupakan produk final. Tujuan media pembelajaran penelitian ini agar suasana belajar menjadi menarik dan tidak membosankan serta akan meningkatkan pemahaman siswa. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan melalui kevalidan dengan kriteria valid dan kepraktisan media dengan kriteria praktis dan sangat praktis berdasarkan penilaian siswa dan guru. Kualitas media juga dilihat dari hasil wawancara terhadap siswa dan guru mengenai media pembelajaran yang dikembangkan