Daftar Isi:
  • Representasi merupakan aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, baik dalam memahami konsep matematika, mengkomunikasikan ideide matematika, mengkoneksikan keterkaitan antar konsep matematika baik dalam permasalahan realistik maupun pemodelan, representasi juga berperan penting dalam proses penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar di SMP Negeri 11 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII-F SMP Negeri 11 Malang dengan siswa 3 orang siswa yang masing-masing mewakili representasi matematis siswa kategori tinggi, siswa kategori sedang, dan siswa kategori rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Analisis data dilakukan pada setiap tahapan Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa representasi yang digunakan oleh kategori tinggi dalam memahami masalah yaitu ekspresi matematis, tahap merencanakan penyelesaian yaitu ekspresi matematis dan teks tertulis, tahap melaksanakan rencana yaitu visual dan ekspresi matematis, dan tahap melihat kembali yaitu ekspresi matematis dan teks tertulis. Representasi yang digunakan oleh siswa kategori sedang pada tahap memahami masalah yaitu ekspresi matematis dan teks tertulis, tahap merencanakan penyelesaian yaitu ekspresi matematis dan teks tertulis, tahap melaksanakan rencana yaitu ekspresi matematis, dan melihat kembali yaitu ekspresi matematis dan teks tertulis. Representasi yang digunakana oleh siswa kategori rendah dalam tahap memahami yaitu ekspresi matematis, tahap merencanakan penyelesaian yaitu ekspresi matematis, tahap melaksanakan rencana yaitu ekspresi matematis, dan tahap melihat kembali yaitu ekspresi matematis.