PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIKA SISWA SMP
Main Author: | PRASTIWI, IKA AYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39856/1/jiptummpp-gdl-ikaayupras-48908-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39856/2/jiptummpp-gdl-ikaayupras-48908-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/39856/3/jiptummpp-gdl-ikaayupras-48908-3-bab2.pdf http://eprints.umm.ac.id/39856/4/jiptummpp-gdl-ikaayupras-48908-4-bab3.pdf http://eprints.umm.ac.id/39856/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas VII-A MTs Muhammadiyah 01 Malang yaitu proses pembelajaran belum mampu membangkitkan partisipasi siswa untuk terlibat aktif, hasil belajar siswa masih perlu ditingkatkan dan kemampuan menalar siswa masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa dengan model pembelajaran tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Muhammadiyah 01 Malang kelas VII-A sebanyak 26 siswa. Data penelitian berupa lembar aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan penalaran adaptif. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif kemudian data-data tersebut dianalisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika sudah terlaksana dengan baik sesuai sintak yang telah direncanakan. Aktivitas guru dan siswa meningkat setiap pertemuan dengan aktivitas guru berkategorikan sangat baik dengan nilai 3,516 dan aktivitas siswa berkategorikan baik dengan nilai 3,498. Kemampuan penalaran adaptif siswa dikatakan meningkat yakni, dari hasil pretest sebesar 60,78 % dengan kategori baik dan posstest sebesar 80 % dengan kategori sangat baik.