KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP PLUS DARUSSALAM

Main Author: SALSABIL, MEINAR YUARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/39854/1/jiptummpp-gdl-meinaryuar-48910-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39854/2/jiptummpp-gdl-meinaryuar-48910-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39854/3/jiptummpp-gdl-meinaryuar-48910-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39854/4/jiptummpp-gdl-meinaryuar-48910-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39854/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan dan tulisan. Kemampuan tersebut diamati melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 17 siswa. Perencanaan pembelajaran yang digunakan antara lain RPP, kelompok diskusi, kelompok permaianan, LKS, soal permainan, dan tes tulis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, kemampuan komunikasi matematis tulis, dan lisan. Hasil penelitian pada pertemuan pertama menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis lisan memiliki kategori cukup dan tulis memiliki kategori rendah. Pertemuan kedua kemampuan komunikasi matematis lisan memiliki kategori cukup dan tulis naik menjadi lebih baik. Komunikasi matematis lisan naik lebih baik pada pertemuan ketiga, sedangkan tulis pada kategori rendah. Pertemuan keempat adanya kenaikan pada kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulis, untuk komunikasi matematis lisan dengan kategori tinggi dan tulis dengan kategori tinggi pula. Kemampuan komunikasi matematis siswa dari pertemuan pertama sampai keempat mengalami peningkatan. Rata-rata keseluruhan kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulis adalah cukup.