ANALISIS TINGKAT RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (Structure Of The Observed Learning Outcome) di SMA NEGERI 2 JOMBANG
Main Author: | ROHMATIN, ABIDAH YANUAR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39843/1/jiptummpp-gdl-abidahyanu-49133-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39843/2/jiptummpp-gdl-abidahyanu-49133-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/39843/3/jiptummpp-gdl-abidahyanu-49133-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39843/4/jiptummpp-gdl-abidahyanu-49133-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39843/ |
Daftar Isi:
- Taksonomi SOLO adalah klasifikasi respon nyata dari siswa tentang struktur hasil belajar yang dapat diamati. Taksonomi SOLO membagi tingkat respon siswa kedalam lima level, yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Pentingnya taksonomi SOLO ini untuk mengetahui kualitas respon siswa dan analisis kesalahan. Taksonomi ini didesain secara khusus sebagai alat menilai hasil belajar siswa. Fokus penelitian pada siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 2 Jombang bertujuan mengetahui tingkat respon kognitif siswa berdasarkan taksonomi SOLO. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan wawancara. Tahap analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pada tahap analisis ini dilakukan untuk mengetahui pada level mana tingkat respon kognitif siswa tersebut. Hasil penelitian disimpulkan: respon siswa XI IPA 4 SMA Negeri 2 Jombang berdasarkan taksonomi SOLO berada pada tingkatan unistruktural, relasional, serta extended abstract, ditemukan bahwa siswa masih kesulitan merespon secara tepat pertanyaan pada setiap level, jenis kesalahan yang xii dilakukan siswa hampir merata untuk tiap soal yang diberikan. Dari hasil tersebut menunjukkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik baik.