Daftar Isi:
  • Aktivitas belajar adalah keterlibatan siswa dalam bentuk sikap, pikiran, perhatian dengan rangkaian kegiatan pembelajaran seperti mencari, menemukan konsep dan menggunakan pengetahuan yang telah diperolehnya. Penerapan pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan minat belajar siswa, motivasi belajar belajar siswa, dan menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Salah satu penerapan yang memenuhi hal-hal tersebut adalah pembelajaran Index card match (mencari pasangan). Pembelajaran Index Card Match adalah pembelajaran mencari pasangan kartu dan memecahkan masalah yang digunakan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan memantapkan pengetahuan siswa terhadap materi yang dipelajari. Metode penelitian yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs. Muhammadiyah 1 Malang pada tanggal 31 Oktober - 9 November 2016 dengan tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Muhammadiyah 1 Malang dengan subjek siswa kelas VIII-C yang berjumlah 18. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa data aktivitas guru dan data aktivitas siswa belajar siswa Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data wawancara dan data observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 9 langkah-langkah penerapan pembelajaran Index Card Match di MTs. Muhammadiyah 1 Malang pada pertemuan I dan II oleh observer I mendapatkan rata-rata total keseluruhan adalah 82,2 % dan oleh observer II adalah 86,6 %. Kemudian Tingkat aktivitas belajar siswa dengan menggunakan penerapan pembelajaran Index Card Match pada pertemuan pertama dengan rata-rata total keseluruhan dari 9 indikator aktivitas yang di nilai adalah 64,5 % dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua dengan rata-rata total keseluruhan adalah 85,6 %.