IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER MATERI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VII-I DI SMP NEGERI 01 KARANGPLOSO

Main Author: DEWADINI, ARDANE WIDITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/39833/1/jiptummpp-gdl-ardanewidi-49137-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39833/2/jiptummpp-gdl-ardanewidi-49137-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39833/3/jiptummpp-gdl-ardanewidi-49137-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39833/4/jiptummpp-gdl-ardanewidi-49137-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39833/
Daftar Isi:
  • Sistem pembelajaran yang selama ini diterapkan kebanyakan berfokus pada peran guru. Peran siswa dalam pembelajaran hanya sebagai pendengar yang pasif. Dengan adanya masalah tersebut mendorong pihak-pihak terkait mengadakan perubahan agar model-model pembelajaran yang diterapkan di sekolah menjadi lebih baik. Salah satu model pembelajaran yang telah dikembangkan dan diyakini dapat meningkatkan kinerja siswa adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Model pembelajaran ini memberi kesempatan siswa untuk berpikir bersama, menjawab, dan saling membantu satu sama lain karena pembelajaran dilakukan secara berkelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterlaksanaannya model pembelajaran NHT, aktivitas guru dan siswa, serta ketuntasan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran ini diterapkan. Implementasi model pembelajaran NHT ini dilakukan pada kelas VII-I SMP Negeri 01 Karangploso. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian untuk menjawab permasalahan melalui teknik pengukuran yang cermat terhadap variabel-variabel tertentu, sehingga menghasilkan kesimpulan yang digeneralisasikan serta jenis data yang dikumpulkan terutama data kuantitatif dan jenis penelitiannya bersifat diskriptif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran dilaksanakan serta hasil tes belajar siswa yang dilakukan sebanyak tiga kali selama lima kali pertemuan. Dari penelitian ini diperoleh data aktivitas guru selama pembelajaran dikategorikan sangat baik. Sedangkan data aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikategorikan dengan cukup baik. Aktivitas siswa terlihat meningkat pada pertemuan ketiga. Dari tes hasil belajar siswa dikategorikan dengan sangat baik. Implementasi model pembelajaran NHT dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.