PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MA'ARIF BATU
Main Author: | ATAMIMI, ENDAH RUSYDIANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39827/1/jiptummpp-gdl-endahrusyd-49142-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39827/2/jiptummpp-gdl-endahrusyd-49142-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/39827/3/jiptummpp-gdl-endahrusyd-49142-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39827/4/jiptummpp-gdl-endahrusyd-49142-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39827/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika selama menerapkan model pembelajaran kolaboratif tipe thinking aloud pair problem solving (TAPPS) dan mendeskripsikan aktivitas siswa selama menerapkan model pembelajaraan kolaboratif tipe thinking aloud pair problem solving (TAPPS). Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 33 siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat pencapaian aktivitas siswa dan aktivitas guru serta kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan langkah Polya. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai rata-rata kesuluruhan sebesar dengan kategori baik. Hasil tes kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya pada tahap pemahaman mencapai rata-rata sebesar dengan kategori cukup, pada tahap perencanaan mencapai rata-rata sebesar dengan kategori kurang, pada tahap pelaksanaan mencapai rata-rata sebesar dengan kategori cukup, dan pada tahap mengecek kembali mencapai rata-rata sebesar dengan kategori sangat kurang.