MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS VII DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Main Author: KHATIMAH, NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/39726/1/jiptummpp-gdl-nurulkhati-51649-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39726/2/jiptummpp-gdl-nurulkhati-51649-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39726/3/jiptummpp-gdl-nurulkhati-51649-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39726/4/jiptummpp-gdl-nurulkhati-51649-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39726/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PBL pada pembelajaran matematika. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model PBL dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika melalui model PBL. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran, motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika melalui model PBL. Sumber data adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang dan peneliti. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dan hasil LKK, tes, angket untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa secara tertulis. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat pencapaian aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi siswa dan kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PBL dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan dalam RPP. Aktivitas guru menggunakan model pembelajaran ini rata-rata skor yang diperoleh yaitu 3,65 dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas siswa rata-rata skor yang diperoleh yaitu 3,36 dengan kategori baik. Motivasi belajar siswa rata-rata skor yag diperoleh yaitu 81,28 % dengan kategori tinggi. Untuk kemampuan berpikir kreatif rata-rata skor keseluruhan yaitu 75,86 % sehingga dapat dikatakan tinggi.