ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS HOMOGEN DAN HETEROGEN DI MAN 1 MALANG

Main Author: ERDIANA, REFIT
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/39706/1/jiptummpp-gdl-refiterdia-53559-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39706/2/jiptummpp-gdl-refiterdia-53559-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39706/3/jiptummpp-gdl-refiterdia-53559-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39706/4/jiptummpp-gdl-refiterdia-53559-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39706/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa pada kelas homogen dan heterogen di MAN 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian berupa observasi aktivitas siswa dan tes untuk mengukur kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa selama proses pembelajaran. Data diolah dengan rumus kemudian dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran siswa pada kelas homogen laki-laki sebesar 78,4%, kelas homogen perempuan sebesar 79,6% serta kelas heterogen 71,1% dengan ketiga-tiganya berkategori baik. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis secara lisan kelas homogen laki-laki sebesar 56,2% dan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis sebesar 61,9% yang keduanya berkategori cukup. Kemampuan komunikasi matematis secara lisan kelas homogen perempuan sebesar 74,7% dengan kategori cukup dan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis sebesar 90,8% yang berkategori sangat baik. Kemampuan komunikasi matematis secara lisan kelas heterogen sebesar 70,9% dan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis sebesar 69,8% yang keduanya berkategori cukup. Berdasarkan hasil analisis dengan indikator yang digunakan dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa berkategori baik dan kemampuan komunikasi matematis siswa berkategori cukup baik pada masing-masing kelas homogen dan heterogen di MAN 1 Malang meskipun mengalami peningkatan dan penurunan pada tiap pertemuan.