Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan siswa terhadap pemahaman materi persamaan kuadrat siswa kelas VIII dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa terhadap pemahaman materi persamaan kuadrat siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Penelitian dilakukan pada tanggal 4 sampai 5 April 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 1 Malang yang terdiri dari 19 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes tertulis dan lembar kuesioner. Teknik pengumpulan data berupa hasil tes tertulis, kuesioner dan hasil observasi. Hasil penelitian yaitu kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi persamaan kuadrat pada siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 1 Malang berdasarkan tes tertulis memperoleh rata-rata 25,79 atau 100% mengalami kesulitan dalam memahami materi persamaan kuadrat karena tidak satu pun memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dengan persentase kategori tingkat kesulitan siswa berada di kategori sedang 26,3%, kategori tinggi sebesar 68,4%, sedangkan kategori sangat tinggi sebesar 5,3%, dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam memahami materi persamaan kuadrat berdasarkan hasil kuesioner faktor yang berasal dari diri siswa sebesar 72,62%, sedangkan faktor yang berasal dari luar diri siswa yang terdiri dari lingkungan keluarga sebesar 65,8%, lingkungan sekolah sebesar 68,4%, dan lingkungan masyarakat sebesar 52,6%, maka rata-rata faktor yang berasal dari luar diri siswa adalah 62,27%.