Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah mengambarkan Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran matematika. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat respon, tingkat motivasi, hasil belajar siswa dan proses pembelajaran menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif dimana tidak terdapat manipulasi hanya mendiskripsikan dan menganalisis data yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN Kota Batu tahun pelajaran 20016/2017 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulkan data yang digunakan meliputi angket, observasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitif. Hasil penelitian menujukan bahwa tingkat respon siswa terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah tergolong tinggi dengan presentase pencapaian sebesar 72,02% dan tingkat motivasi siswa dengan presentase pencapaian sebesar 70,05%. Hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah cukup memuaskan. Dengan presentase tingkat pencapaiannya mencapai 75,75%. Dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada sekolah adalah 75, sehingga seluruh siswa memenuhi KKM yang diberikan.