Daftar Isi:
  • Media memberi kontribusi positif dalam suatu pembelajaran. Tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menciptakan sebuah media pembelajaran berbentuk buku tiga dimensi yang nantinya dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan media pembelajran dengan uji coba terbatas. Adapun langkah-langkah pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini antara lain: (1) melakukan studi pendahuluan, (2) perencanaan produk, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan, (5) merevisi hasil uji coba, (6) penyempurnaan produk akhir. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar angket untuk melakukan validasi media, materi serta mengetahui respon siswa dan tes. Berdasarkan hasil validasi diperoleh rata-rata penilaian dari validator ahli media sebesar 3,83 dari 4 aspek. Sedangkan untuk hasil validasi materi memperoleh rata-rata total sebesar 3,6 berada pada kategori sangat valid. Hasil validasi materi dan media yang telah dilakukan menyatakan bahwa media pop-up book menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII pada materi segitiga memenuhi kriteria dengan kategori sangat valid ditinjau dari segi media dan segi materi. Respon siswa terhadap media sangat baik dengan persentase total sebesar 80%. Hasil keefektifan yang dilihat dari tes yang siswa kerjakan menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang nilainya kurang dari KKM, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII pada materi segitiga sangat baik dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Kritik dan saran dari siswa tentang media digunakan peneliti untuk memperbaiki media pada tahap pembuatan produk akhir.